468x60 Ads

Kamis, 01 Januari 2015

Flight Operation Officer (FOO)

Flight Operation Officer (FOO) adalah salah satu dari beberapa kelompok pekerjaan di bidang Penerbangan yang memiliki karakteristik & persyaratan yang terdiri atas; Quality Control, Regulation & Dispatch. Pekerjaan FOO / Dispatcher ( re KEP / 39 / XII / 2002 , Dirjend Perhubungan Udara). 

Dispatcher adalah petugas/profesional yang memiliki karakteristik pekerjaan untuk perencanaan & pengendalian seluruh aktivitas pendukung proses operasional penerbangan: flight planing, weight balance, flight watch, pilot & FA scheduling, loading-unloading pesawat, ramp handling & flight release.

ANNEX 4.5 
  • Flight Operations Officer / Flight Dispatcher License
  • Persyaratan penerbitan Lisensi FOO
  • Batasan umur minimal 21 tahun
  • Knowledge    /    Pengetahuan  dan  Pendidikan FOO
Pengetahuan dan pengalaman yang harus dimiliki oleh calon FOO License minimal al:

1.Air law
  1. Hukum-hukum dan aturan yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab FOO License meliputi Air Traffic Services & Procedures.
  2. Aircraft general knowledge
  3. Prinsip-prinsip mengenai pengoperatian/kinerja pesawat, mesin, system dan instrument di pesawat.
  4. Batasan-batasan pengoperasian pesawat dan kemampuan mesin pesawat.
  5. Minimum equipment list (MEL) ; batasan minimum perlengkapan pesawat untuk laik terbang.

2.Knowledge
     Flight performance calculation & planning procedures
  1. Efek dari pemuatan dan pembagian berat barang terhadap kemampuan dan keseimbangan pesawat.
  2. Operational flight planning; perhitungan konsumsi fuel & durasi penerbangan serta prosedure penentuan bandara alternate, seleksi ketinggian pada en-route; dan kemampuan jelajah pesawat.
  3. Persiapan data dan pengisian form air traffic services (ATC) flight plans;
  4. Dasar-dasar dan prinsip perhitungan dalan planning system penerbangan.
  5. Human performance yang berhubungan dalam pelaksanaan dispatch penerbangan.
  6. Aeronautical meteorology; tentang pergeseran pressure systems; bentuk-bentuk awan dan udara, ciri-ciri fenomena cuaca yang significant yang bisa berdampak pada penerbangan ketika take-off, en-route & landing.
  7. Kemampuan dalam membaca dan mengolah data-data laporan cuaca, charts & forecasts; code-code & singkatan-singkatan serta prosedure-prosedure yang digunakan dalam informasi meteorologi penerbangan.
  8. Prinsip-prinsip kinerja peralatan navigasi udara yang berhubungan dengan bagian-bagian pada instrumen di pesawat udara.

3.Operational Procedures
  1. Kegunanaan dan fungsi dari aeronautical documentation;
  2. Prosedure operational dalam pengangkutan barang-barang berbahaya / dangerous goods.
  3. Procedure dalam penanganan aircraft accidents and incidents dan emergency flight procedures;
  4. Procedure yang berhubungan dengan penanganan tindakan melawan hukum (unlawful interference) dan penumpang yang tidak mengindahkan aturan penerbangan (unruly passenger).
  5. Principles of flight
  6. Prinsip-prinsip dasar yang berlaku pada pesawat udara.
  7. Radio communication
  8. Prosedure-prosedur dalam komunikasi pesawat udara.
  9. Jenjang Pendidikan FOO
  10. Ground Training selama 3 bulan.
  11. Ujian Negara untuk materi dasar/basic FOO dan Aircraft Type Rating.
  12. On The Job Training (OJT) selama 3 bulan di Airlines pemegang AOC.
  13. Mandatory Training; Dispatch Resource Management (DRM/CRM), Dangerous Goods Regulations (DGR) & Aviation Security (AVSEC)
  14. Familiarization Flight; 2 sector/rute minimal 2 jam penerbangan. Untuk training implementasi kesesuaian pada data-data penerbangan yang telah disiapkan.
  15. Medical Check-up standard kelas II, khusus untuk mata tidak buta warna.
  16. Competency Check untuk Penerbitan FOO License.

4.CASR
     Civil Aviation Safety Regulation

  1. FOO, Domestic & Flag Air Carriers : each domestic  & flag air carrier shall provide enough qualified Flight Operations Officers at each dispatch centre to ensure  proper operational control of each flight.
  2. 121.401 : Training Program : General
  3. 121.415 : Crew Member & FOO Training Requirements 
  4. 121.422 : FOO ; Initial & Transition Ground Training 
  5. 121.429 : Recurrent Training
  6. Sub Part P : FOO Qualifications & Duty Time Limitations
  7. Sub part Q : Flight & Duty Time Limitations
  8. Sub Part T : Flight Operations
  9. Sub Part U : Dispatching & Flight Release Rules
  10. Sub Part V : Records & Reports 

Tugas-tugas Harian Fight Operation Officer:
  1. FLIGHT PLANING; Perencanaan Penerbangan: rute, ketinggian, perhitungan fuel, data-data penerbangan dll.
  2. WEATHER; Analisa data cuaca dan pembaharuan data cuaca dari Badan Meteorologi atau data cuaca lain yang berhubungan. 
  3. RUNWAY LENGTH AND CONDITION. Perhitungan dan perencanaan sesuai kapasitas dan kemampuan landasan untuk pesawat yang akan dioperasikan.
  4. NOTAM (Notification to Air Man) Informasi-informasi serta perubahannya tentang kondisi Navigasi Udara maupun informasi lain yang berkaitan dengan penerbangan. 
  5. AIRCRAFT WEIGHT BALANCE. Perhitungan dan perencanaan loading dan unloading sesuai kapasitas dan keseimbangan pesawat.
  6. AIRCRAFT EQUIPMENT Data Technikal up to date mengenai kondisi pesawat untuk kelaikan penerbangan.
  7. BRIEFING CREW. Presentasi/penjelasan kepada Pilot perihal kesiapan penerbangan serta data-datanya.

OPERATION CONTROL LEVEL
Pekerjaan Dispatch/FOO  (re KEP / 39 / XII / 2002)
a. Flight Movement Control
b. Flight Scheduling Analysis
c. Crew Movement Control
d. Reservation & Commercial Report
e. Operation Planning
f. Flight Deck / Pilot Scheduling
g. Flight Attendant Scheduling
h. Aircraft Navigation
i. Aircraft Performance
j. Flight Dispatch
k. Ground Handling Services, dll.

Jenjang Karier FOO di Airlines
1. FOO / Dispatcher
2. Supervisor FOO
3. Chief FOO
4. Deputy Station Manager
5. Station Manager
6. District Manager, 

Masing-masing job karier tersebut di atas salah satu persyaratannya adalah harus memiliki
Flight Operation Officer (FOO) License.

Untuk melengkapi informasi, silahkan simak video berikut sebagai referensi sebelum  mengambil keputusan.

Next Countdown Training Program

KELAS TRAINING MENUJU PELAKSANAAN ANGKATAN BERIKUTNYA

Next Countdown Outbound Schedule

Aviation News Today